Sabtu, 01 November 2008

Apakah sudah dewasa?

Apa makna dewasa? Ada orang yang melihat seseorang dengan badan yang besar dan merka menyebutkan orang tersebut sudah dewasa.Berdasarkan sudut pandang biologis dan juga segi religius, dewasa merupakan suatu fase dimana orang tersebut sudah mengalami suatu peristiwa biologi untuk ukurang orang dewasa (untuk yang wanita mengalami proses mensturasi dan bagi yang pria mengalami mimpi basah).
Sebenarnya tidak ada yang salah dalam definisi semuanya, hanya saja untuk mendefinisi sesuatu berbeda dalam sudut pandang. Dalam kasus ini saya mengambil arti dewasa dalam hal kematangan dalam berpikir. Berdasarkan kematangan dalam berpikir, anak yang berumur 10 tahun bisa dikatakan dewasa begitu juga kasus sebaliknya jika ada manusia yang berumur 30 tahun bisa dikatakan tidak dewasa.
Orang yang dewasa dalam definisi kematangan dalam berpikir akan siap menyikapi kondisi apapun walaupun kondisi yang terburuk. Selain itu dia bisa tahu apa yang akan dikerjakannya dan tahu alasan keberadaan dia (misi dia).
Nah, berdasarkan definisi tersebut saya merasa diri saya masih belum dewas. Mungkin saya punya keinginan dan tujuan secara umum ke depan, tapi saya belum bisa menjelaskan startegi secara spesifik apa yang harus saya kerjakan... Kadang saya pernah merasa bingung apa yang harus saya lakukan.... Nah, di sini kelemahan saya, saya belum membuat rencana secara strategis dalam target jangka pendek. Dari alasan tersebut saya merasa bahwa diri saya masih belum dewasa. Mungkin saya akan banyak mengalami kesalahan dalam menjalani mimpi saya karena saya belum punya rencana teknis jangka pendek, tapi saya merasa dari kesalahan tersebut saya menjadi mengerti apa yang akan saya lakukan untuk mengubah diri sendir. Tapi proses belajar itu ternyata tidak bisa instan, perlu proses yang panjang dan usaha yang keras..
Saya merasa belajar itu akan dilakukan sepanjang masa...
Saya ingin menjadi orang yang dewasa....
Ya Allah izin kan lah hamba- Mu ini untuk istiqamah dalam belajar dan istiqamah dalam meraih mimpi..... Amin....

4 komentar:

Anonim mengatakan...

inilah pentingnya mengenal diri sendiri, kita akan tau apa minat dan potensi kita. kemudian kita akan tau apa tugas kita di dunia ini. karena setiap manusia punya tugas masing2..
menurut saya, dengan mengenal diri sendiri dengan sendirinya kita akan tau apa cita-cita kita sehingga kita akan jelas mau jalan ke mana..
semangat akhi..

Yudistira mengatakan...

@anggit
iya akh, saya setuju.. Terima kasih atas doa nya..

Anonim mengatakan...

Dewasa. Saya tidak tahu apa itu arti dewasa. karena setiap manusia pasti memiliki arti yang berbeda. tetapi saya pikir arti dewasa itu,, apa ya?

saya juga gak tahu,, mungkin saya belum dewasa juga..

tapi saya pikir mengenal diri sendiri itu harus selalu kita punya. Entah kita sudah dewasa atau belum dewasa....

Yudistira mengatakan...

@kasyfi...
yang tahu itulah diri kita... soalnya setiap orang akan memiliki perbedaan tentang arti dewasa...

No Limit

No Limit