Senin, 12 Januari 2009

Korelasi Riset dengan Perusahaan

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia:
per·u·sa·ha·an n 1 kegiatan (pekerjaan dsb) yg diselenggarakan dng peralatan atau dng cara teratur dng tujuan mencari keuntungan (dng menghasilkan sesuatu, mengolah atau membuat barang-barang, berdagang, memberikan jasa, dsb); 2 organisasi berbadan hukum yg mengadakan transaksi atau usaha;

Diambil dari pengertian perusahaan di atas, perusahaan merupakan salah satu komponen yang menjadi penggerak suatu perekonomian suatu daerah. Apabila suatu perusahaan bisa tumbuh "sehat" maka pemerintah daerah setempat akan terbantu dalam segi perekonomian atas kehadiran perusahaan tersebut. Oleh karena itu, diharapkan adanya kerja sama antara pemerintah dengan perusahaan. Kerja sama di sini bukan merupakan suatu konspirasi yang hanya memberi keuntungan pada suatu pihak tertentu saja tapi kerja sama ini memiliki tujuan untuk memajukan perekonomian daerah tersebut dan menyelesaikan beberapa permasalahan perekonomian seperti angka pengangguran, pengolahan SDA dll.

Selanjutnya bagaimana perusahaan bisa bertahan dan berkembang? Pertanyaan ini mungkin menjadi pertanyaan yang mendasar ketika mau membangun perusahaan. Berdasarkan pengetahuan saya, perusahaan akan bertahan memiliki manajemen yang baik. Faktor dari manajem ini sering menjadi alasan kenapa suatu perusahaan bisa tutup. Faktor yang lain yang bisa membuat suatu perusahaan tetap bertahan dan berkembang adalah budaya perusahaan. Untuk membangun budaya perusahaan ini tidak bisa dalam waktu yang singkat. Budaya akan muncul jika suatu kegiatan yang ingin dijadikan budaya dilakukan berulang-ulang. Tindakan yang dilakukan berulang-ulang ini akan menjadi kebiasaan perusahaan tersebut yang selanjutnya berkembang jadi budaya.

Lalu apa hubungannya perusahaan dengan Riset? Pengertian riset berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia:
ri·set n penyelidikan (penelitian) suatu masalah secara bersistem, kritis, dan ilmiah untuk meningkatkan pengetahuan dan pengertian, mendapatkan fakta yg baru, atau melakukan penafsiran yg lebih baik;

Dari pengertian di atas, hasil riset merupakan suatu solusi yang dihasilkan yang menjawab permasalahan perusahaan tersebut. Selain itu, hasil riset ini bisa melahirkan suatu inovasi baru yang selanjutnya akan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Riset yang dilakukan sebaiknya tidak hanya mengenai teknologi tetapi juga menyangkut aspek yang lain terutama aspek ekonomi.

Oleh karena itu, di beberapa perusahaan membuat suatu divisi khusus yang bernama divisi research and developement. Divisi ini bertujuan untuk menjawab tantangan yang akan muncul pada masa datang dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Tapi tidak semua ada perusahaan yang membuat divisi seperti ini. Perusahaan seperti ini biasanya menunggu hasil riset dari lembaga penelitian. Hasil riset lembaga penelitian ini selanjutnya akan digunakan perusahaan tersebut, contohnya di PT. Krakatau Steel menggunakan hasil riset dari BPPT mengenai kontrol elektroda dalam peleburan besi (tapi sayang ketika saya KP di sana, sistem kontrolnya lagi bermasalah).

Dari pemaparan di atas, antara perusahaan dengan riset merupakan satu kesatuan untuk memajukan perekonomian. Dengan adanya hasil riset yang baik maka perusahaan memiliki peluang untuk berkembang dengan baik dan bisa menjawab tantangan yang muncul.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

hmmm...kalo boleh nambahin di,,dalam membuat sebuah perusahaan faktor utama sebenarnya bukan risetnya,,tetapi bagaimana bisa menjual produk tersebut ke pasar,,sekren apapun produk yang dibuat,,secanggih apapun,,tetapi kalo tidak bisa dijual...maka perusahaan bisa dipastikan gulung tikar...pecaya ga??

So,,kalo hubungan dalam sebuah perusahaan ada 3 faktor utama,,
tahu kebutuhan pasar (marketing),,yang kemudian diolah oleh tim R&D menjadi sebuah produk,,yang kemudian oleh sales dijual ke cutomer
Jadi,,riset sekali lagi harus dihubungkan dengan kebutuhan pasar,,karena pasarlah yang akan membeli dan menggunakan produk perusahaan,,
So,yang paling utama adalah bukan bagaimana membuat sebuah produk,,tetapi bagaimana menjual sebuah produk... :D
u get it???

Yudistira mengatakan...

@anas
maksih nas, nah...

Anonim mengatakan...

betul kata bang anas,,

marketing juga memegang peran penting,,

tapi masalah peperangan antar RnD dan marketing memang sudah menjadi cerita klasik,,,

Yudistira mengatakan...

@kasyfi
kalau gitu buat ga jadi perang klasik =)

No Limit

No Limit