Minggu, 26 Oktober 2008

Alasan Kenapa bekerja sampai malam di lab

Awalnya saya bingung kenapa orang senang bekerja sampai malam di lab (kasusnya di konkuk university). Saya lihat hampir mahasiswa di sini suka bekerja di lab sampai malam (walaupun saya di ITB juga suka pulang malam tapi saya bingung apa yang dikerjakan orang di lab pada malam hari, kalau di ITB mah saya sering ada kegiatan non akademik di kampus ^^). Akhirnya saya berusaha mencari jawabannya....
Setelah saya bekerja sekian beberapa bulan tinggal di sini, saya mengerti apa yang telah dikerjakan (karena saya merasakannya, berusaha mencoba dan akhirnya menemukan jawaban). Yaitu:
Pertama, adanya koneksi internet yang cepat dan akses jurnal/paper. Hal ini saya rasakan, saya pernah mencoba mencari jurnal/paper dari kamar asarama saya ternyata dari sini tidak bisa akses jurnal/paper.
Kedua, biasanya di lab itu kondisi untuk belajar relatif lebih kondusif daripada di kamar. Kadang di kamar terasa di setting untuk istirahat oleh karena itu kadang kurang efektif kerja di kamar. Selain itu, di lab biasanya relatif lebih terasa tenang daripada di kamar...
Mungkin dulu aku pernah berpikir mau menerapkan jam kerja di Indonesia di sini tapi ternyata dari dua alasan di atas saya mengerti saya bisa aja mengikuti cara kerja yang dilalakukan oleh beberapa mahasiswa di sini..
Mungkin ada yang beranggapan aku akan melanggar perkataanku (emang dulu aku pernah bilang aku akan mengikuti jam kerja di Indonesia) tapi setelah aku mencari jawaban atas pertanyaanku selama ini akhirnya saya menemukan keuntungan dan kerugian atas kerja di kamar dan kerja di lab... Ketenangan serta suasana merupakan salah satu faktornya...
Inilah alasan aku mengubah apa yang kukatakan sebelumnya (soalnya aku berbicara kemarin karena belum mendapatkan jawaban pertanyaan yang ada dalam pikiranku)

2 komentar:

piqs mengatakan...

HOo,, ndak papa, berubah pikiran itu biasa Had :D.

btw, saya jg setuju dengan kamu. Bekerja di lab itu jauh lebih kondusif. Kalo saya di sini, pulang malem2 pake speda. Nyampe asrama tinggal mandi terus tidur deh :D

Yudistira mengatakan...

@opik...
Iya pik...suasana kamar itu kondusif hanya untuk beristirahat....

No Limit

No Limit