Selasa, 02 Desember 2008

Pengamatan Menarik Terhadap Hasil Tulisan Korea yang Berpengaruh Terhadap Karya

Pada postingan kali ini, saya mau membahas mengenai gaya tulisan angka kebanyakan orang Korea. Sebelumnya saya mau mengenalkan bahwa di Korea punya aksara sendiri. Nama aksara tulisan Korea adalah hangul. Aksara hangul ini disebarluaskan oleh Raja keempat Korea, Joseon Dynasty, Sejong the Great.Umur tulisan ini mencapai ratusan tahun.

Ketika saya di dalam kelas, saya sering melihat tulisan dosen saya. Saya melihat bahwa ada kesamaan gaya tulisan angka. Banyak orang termasuk saya juga tertipu dengan tulisan angka tujuh orang Korea. Angka tujuh mereka seperti angka sembilan. Jadi kalau orang korea menulis angka, kadang saya memastikan ulang. Selain itu ketika mereka menulis angka delapan, mereka membuat lingkaran dua sehingga menjadi angka delapan.

Akhirnya saya mencoba menganalisa, ternyata tulisan angka yang aneh menurut saya dikarenakan pengaruh dari kebiasaan mereka menulis dengan menggunakan alphabet hangul. Pengaruh dari gaya tulisan hangul ini membuat gaya penulisan angka mereka juga seperti cara menulis huruf hangul. Pengaruh kebiasaan membuat karya yang berbeda juga.

Dapat disimpulkan bahwa karya seseorang atau sekelompok orang merupakan hasil dari budaya yang telah mengakar dari beberapa tahun yang lalu.

Pembahasan yang menarik di sini mengenai karya dan budaya. Budaya yang hidup di tengah sekelompok orang akan memberi pengaruh besar terhadap karya pada sekelompok orang tersebut. Contoh sederhana aja tentang karya tulisan angka orang Korea merupakan efek dari cara menulis hangul (budaya Korea).

Contoh yang lebih luas lagi, yaitu mengenai teknologi. Setiap negara memiliki teknologi yang memiliki ciri-ciri yang berbeda. Teknologi itu merupakan salah satu investasi dari budaya negara tersebut. Coba anda bandingkan aja teknologi di eropa dengan di asia timur (korea, jepang, cina) lalu anda analisa kok bisa terjadi perbedaan.

Nah, setiap negara akan memiliki suatu karakteristik tersendiri karya dari budayanya. Makanya marilah kita menciptakan suatu budaya yang baik di lingkungan kita agar menciptakan karya yang baik yang dapat mengharumkan nama bangsa ini.

4 komentar:

Ucing! mengatakan...

foto dong.. mau liat tulisannya gimana :D

Yudistira mengatakan...

@uti
susah atuh....:p

Anonim mengatakan...

inilah....

BAHASA KARYA

:D

kalo bahasa karya orang indonesia kayak apa ya?

Anonim mengatakan...

sibghatullah wa man ahasanu sibgah? :D (bener ga si itu ayatnya ya? agak2 amnesia, heheh.. :p)

klo budaya korea n jepun bisa terkenal di indonesia karena film2 yg sering masuk ke indonesia, bahkan gaya harajuku jepang menghebohkan trend baju anak muda indonesia, kenapa engga anak2 indonesia yg di luar sana jg 'menyemai' budaya indonesia? culture indonesia... yg paling harus itu yaaaa, budaya Islam :D hehehehe

No Limit

No Limit