Sabtu, 01 Maret 2014

Karya

Edisi kulsap ke-3 di ODOJ MITI MJR-SJS (kulsap ke-2 merupakan tulisan lama di blog ini)

Sebenarnya ini pernah dibahas sebelumnya, tapi karena menarik saya akan bahas lagi.

Apakah ada yg tahu "the dark knight"? Ini berkisah terkait pertarungan antar jocker dan batman. Dua karakter tokoh ini ada satu kemiripannya yg akan diuraikan. Di dalam movie tersebut kita bisa melihat suatu adegan dimana jocker membakar uang bagiannya yg diberikan ke dia. Kita akan bertanya kenapa jocker membakar uangnya? Jawabannya adalah karena jocker ga butuh uang tapi dia butuh kekacauan di kota yg dianggapnya sebuah karya. Selanjutnya, di akhir movie, batman mempunyai peluang dianggap sebagai hero yg untuk menghentikan kejahatan jocker. Tapi yg dilakukan batman adalah dia tidak mau dianggap hero dan dialihkannya kepada temannya yg telah tewas sebagai hero yg menyelamatkan kota tersebut dan akhirnya batman menjadi the most wanted person oleh polisi. Batman hanya ingin berkarya untuk menciptakan kedamaian di kota. 

Dari cuplikan cerita diatas kita bisa melihat kesamaan jocker dan batman adalah ingin berkarya. Tapi pertanyaannya apakah kita mau hasilkan karya seperti karya jocker atau batman. Coba kita melihat hadis rasullah saw yg intinya mengatakan bahwa sebaik2nya manusia adalah yg paling bermanfaat bagi orang lain (HR Ahmad). Dari hadis ini bisa kita lihat kita diarahkan seperti batman yg menghasilkan karya yg bermanfaat bagi banyak orang.

Hal ini menarik dibahas dikarenakan coba kita lihat hadis rasullah saw: "jika anak Adam meninggal, maka amalnya terputus kecuali tiga perkara, sedakah jariyah (wakaf), ilmu yg bermanfaat dan anak sholeh yg berdoa kepadanya." (HR. Muslim). Dari hadis tersebut kita lihat bahwa ketiga itu merupakan karya. Ketika kita punya ilmu, lalu ilmunya kita gunakan untuk banyak umat maka akan menjadi karya atau ilmunya diajarkan ke lain dan anak didik kita bisa berprestasi maka itu juga karya. Anak sholeh juga merupakan investasi karya kita dalam mendidik anak serta sedekah jariyah adalah karya kita setelah kita bekerja dan memberikan penghasilan hasil kerja kita untul sedekah jariyah.

Banyak orang bercita2 ingin menjadi kaya. Tapi sebaiknya kita jadikan kaya itu side effect. Kita harus punya mimpi karya apa yg ingin kita hasilkan dan kaya adalah langkah yg kita dapatkan. Rich is not main target but it's only side effect. Sama halnya ketika kita kuliah untuk dapat ilmu, tidak sedikit orang melakukan kecurangan akademik agar bisa dapat ip tinggi. Ingat yg kita ambil adalah ilmu bukan hanya ip. GPA is not main target but it's only side effect. Jika kita belajar dan paham maka sunatullah lah kita akan dapat IP tinggi.

Coba kita renungkan kembali, apakah Allah memerintahkan kita untuk menjadi kaya? Atau menjadi orang yg punya IP tinggi? Tapi Allah memerintahkan agar kita mengeluarkan zakat, menyatuni anak yatim sampai kita disuruh untuk menjadi orang2 yg berilmu. Hal ini yg memberikan landasan ketika membuat suatu visi suatu tim akademis di sini. Visi tersebut adalah menciptakan orang2 yg berpendidikan yg selanjutnya akan siap berkarya. Dan disingkat dalam logonya dgn dua kata utama: berkarya dan berpendidikan. Kita perlu untuk berilmu agar bisa menciptakan karya yg bermanfaat. Semoga kita adalah bagian orang2 yg menjadi agen yg siap berkarya bagi banyak orang. 

3 komentar:

Anonim mengatakan...

suka sama tulisannya. Thanks ya di!
*mari luruskan niat bahwa SCBD itu karya, bukan untuk menjadi kaya.. hmmm....

Resa anag reggae mengatakan...

obat kuti pada kemaluan kutil di kelamin pria kutil di kemaluan obat kutil kelamin resep dokter obat kutil kelamin

Anonim mengatakan...

Terimakasih infonya, artikelnya bagus ..
ittelkom-sby.ac.id

No Limit

No Limit